OSIS SMP NURUL HAYAH Gelar Seminar Lifestyle Without Bullying
Siswa SMP NURUL HAYAH Belajar Mewujudkan Lingkungan Sekolah yang Aman dan Menyenangkan melalui Seminar Pendidikan Karakter

Rabu, 22 Feb 2023 | 07:58:32 WIB - Oleh Admin


OSIS SMP NURUL HAYAH Gelar Seminar Lifestyle Without Bullying

Brebes - SMP NURUL HAYAH mengadakan seminar pendidikan karakter dengan tema "Lifestyle Without Bullying" pada hari Rabu, 22 Februari 2023. Acara tersebut diselenggarakan oleh OSIS SMP NURUL HAYAH dan dihadiri oleh siswa-siswa sekolah tersebut. Narasumber yang dihadirkan adalah Herny Gusbrava, M.Pd., CH., C.Ht., C.NLP, salah seorang dosen di IAIN Syekh Nurjati, Cirebon.

Seminar ini bertujuan untuk meningkatkan kesadaran tentang efek negatif dari perilaku bullying dan memberikan strategi kepada siswa untuk mencegah dan mengatasi bullying dalam kehidupan sehari-hari mereka. Selama acara, Herny Gusbrava membagikan wawasan berharga dan tips praktis untuk membantu siswa mengembangkan nilai-nilai positif dan karakter yang dapat berkontribusi pada lingkungan sekolah yang harmonis dan penuh rasa hormat.

Seminar dimulai pada pukul 10.00 WIB dan berlangsung selama beberapa jam. Acara tersebut dihadiri oleh peserta yang antusias dan diorganisir dengan baik. Ghamar Rizkiana Suteja, salah satu anggota OSIS Putra, bertindak sebagai Ketua Pelaksana untuk seminar tersebut, memastikan bahwa acara berjalan dengan lancar dan semua peserta memiliki pengalaman belajar yang bermakna.

Dalam pidatonya, Herny Gusbrava menyampaikan bahwa bullying merupakan masalah serius yang dapat menyebabkan efek jangka panjang pada korban, termasuk masalah kesehatan mental, depresi, kecemasan, dan penurunan kinerja akademik. Oleh karena itu, sangat penting bagi siswa untuk menghormati satu sama lain dan membangun hubungan yang sehat dalam lingkungan sekolah.

Selain itu, Herny Gusbrava juga membagikan strategi untuk mencegah bullying, termasuk mengembangkan empati dan memahami perspektif orang lain, memperkuat keterampilan sosial, dan mengambil tindakan yang tepat jika menyaksikan perilaku bullying. Siswa-siswa juga diajak untuk menjadi bagian dari solusi dalam mengatasi masalah bullying dengan cara melaporkan kejadian tersebut kepada pihak yang berwenang dan membantu korban.

Acara tersebut juga melibatkan sesi diskusi dan tanya jawab antara peserta dan narasumber. Peserta diajak untuk berbagi pengalaman mereka tentang bullying dan bagaimana mereka mengatasi masalah tersebut. Diskusi tersebut menjadi momen yang berharga bagi peserta untuk saling mendukung dan memotivasi satu sama lain dalam menghadapi masalah yang sama.

Ketua OSIS Putri, Ahluna Amalia, mengatakan bahwa seminar tersebut memberikan banyak manfaat bagi siswa dalam mengembangkan karakter positif. "Seminar ini sangat bermanfaat bagi kami untuk meningkatkan pemahaman tentang pentingnya karakter yang baik dan bagaimana mencegah bullying. Kami berharap bisa menerapkan apa yang telah kami pelajari dalam kehidupan sehari-hari kami," ujarnya.

Sementara itu, Ketua Pelaksana, Ardan Nur Kamil, mengatakan bahwa seminar tersebut diharapkan dapat meningkatkan kesadaran siswa tentang pentingnya karakter positif dan membantu siswa dalam mengatasi bullying. "Kami berharap bahwa seminar ini dapat menjadi wadah yang bermanfaat bagi siswa untuk belajar dan saling mendukung dalam mewujudkan lingkungan sekolah yang aman dan menyenangkan bagi semua orang," tambahnya.

Kepala Sekolah SMP NURUL HAYAH, Abi M. Fakri Islami Arif, menyatakan dukungannya terhadap seminar tersebut. Ia mengatakan bahwa pendidikan karakter merupakan salah satu aspek penting dalam pendidikan dan sangat diperlukan untuk membentuk generasi muda yang berkarakter baik dan memiliki kesadaran sosial yang tinggi. "Kami berterima kasih kepada OSIS SMP NURUL HAYAH dan narasumber yang telah mengadakan seminar ini. Kami berharap bahwa acara serupa dapat diadakan di masa depan untuk terus meningkatkan kualitas pendidikan di sekolah kami," ujarnya.

Acara tersebut diakhiri dengan pembagian sertifikat kepada peserta sebagai tanda apresiasi atas keikutsertaan mereka dalam seminar. Para siswa juga diberikan kesempatan untuk berfoto bersama dengan narasumber dan panitia sebagai kenang-kenangan.

Secara keseluruhan, seminar pendidikan karakter dengan tema "Lifestyle Without Bullying" di SMP NURUL HAYAH pada 22 Februari 2023 berhasil diselenggarakan dengan sukses. Acara tersebut memberikan manfaat yang besar bagi siswa dalam mengembangkan karakter positif dan memahami dampak negatif dari bullying. Diharapkan bahwa acara serupa dapat diadakan di masa depan untuk terus meningkatkan kualitas pendidikan di sekolah dan membantu siswa menjadi individu yang berkarakter baik dan peduli terhadap sesama.