Peringatan Hari Guru Nasional 2021
Apel Pagi Civitas MTs NURUL HAYAH II

Kamis, 25 Nov 2021 | 16:05:30 WIB - Oleh Administrator


Peringatan Hari Guru Nasional 2021

Cirebon - Hari Guru Nasional diperingati setiap tanggal 25 November.  Peringatan Hari Guru Nasional 2021 akan berlangsung dengan tema Bergerak dengan Hati Pulihkan Pendidikan.

Hari Guru Nasional ini bermula dari ketetapan pemerintah Republik Indonesia melalui Keputusan Presiden Nomor 78 Tahun 1994. Sesuai aturan itu, HUT PGRI setiap 25 November resmi diperingati Hari Guru Nasional. Dikutip dari gtkdikdas.kemdikbud.go.id, tema Hari Guru Nasional 2021 adalah "Bergerak dengan Hati, Pulihkan Pendidikan."


Tema tersebut diusung mengingat sekarang dunia pendidikan juga sedang berjuang untuk memberikan pendidikan untuk generasi muda bangsa di tengah-tengah masa pemulihan pasca pandemi covid 19. 


Ketika situasi mulai membaik dengan berbagai upaya untuk menghadapi penyebaran virus Covid-19, dunia pendidikan kembali melakukan pembelajaran tatap muka. Sejalan dengan itu, maka tema Hari Guru Nasional 2021 adalah "Bergerak dengan Hati, Pulihkan Pendidikan." 


Dilansir dari ditpsd.kemdikbud.go.id, strategi pendidikan di era pasca pandemi pun menyesuaikan dengan kebutuhan dan bertransformasi dengan teknologi.


Di MTs NURUL HAYAH II, para santri melaksanakan peringatan tersebut dengan mengadakan apel pagi, yang di dalamnya tersusun agenda berupa menyanyikan lagu Himne Guru, Terima Kasih Guru, dan Terima Kasih Guruku versi Ena Voice oleh paduan suara kelas 8-A MTs. Dalam apel tersebut, Abi Fakri, Kepala MTs NURUL HAYAH II mengatakan bahwa sebagai seorang siswa yang sekaligus belajar di dalam pondok pesantren, maka harus memiliki rasa hormat, tunduk, patuh, taat, tawadlu' dan ta'dzim terhadap guru. Nilai-nilai inilah yang dirasa sangat jarang sekali ditemukan di sekolah-sekolah di luar pesantren, dikarenakan minimnya pelajaran akhlak dan adab.


"Jangan pernah lupa, bahwa pencapaian yang sekarang kita alami adalah berkat jasa dari guru dan orangtua kita! Maka, tidak ada yang namanya mantan guru!" ujar Abi Fakri dalam amanat apelnya.


Usai pelaksanaan apel, semua siswa sungken kepada guru-guru diiringi oleh lantunan lagu Man Ana, yang membuat suasana menjadi semakin syahdu. Semoga, dengan peringatan Hari Guru Nasional ini, para siswa MTs NURUL HAYAH II bisa menjadi semakin rendah hati di hadapan guru-gurunya, baik itu guru yang ada di pondok pesantren, atau di luar pondok pesantren! Aamiin.,

^AF


Galeri foto bisa dilihat di sini : Tim I-Tech atau NUHAtv


Video Terkait



Tuliskan Komentar