Yaumul Hisab
Hari Perhitungan Penilaian Hafalan Al-Qur\\\\\\\\

Selasa, 02 Nov 2021 | 08:51:24 WIB - Oleh Administrator


Yaumul Hisab

Cirebon - Menjadi seorang penghafal Al-Qur'an adalah salah satu cita-cita dan impian dari semua orang Islam. Banyak di antara mereka yang ingin menjadi seorang penghafal Al-Qur'an, karena janji Allah yang bakal memuliakan para penghafal Al-Qur'an, bahkan orangtua penghafal Al-Qur'an pun mendapatkan kemuliaan dengan dipasangkan mahkota cahaya kelak di surga. Tak heran, banyak orangtua yang memasukkan anak-anaknya ke pondok pesantren untuk menjadi seorang penghafal Al-Qur'an.

NURUL HAYAH II menjadi salah satu pondok pesantren yang mempunyai program unggulan mencetak Hafidz Qur'an. Program unggulan yang ditawarkan oleh NURUL HAYAH II adalah program Tahfidz, program Kitab Kuning, program Bahasa Asing, dan program Entrepreneurship. Untuk mengetahui dan mengevaluasi sejauh mana hafalan para santri, maka para asatidz mengadakan Yaumul Hisab, yaitu hari penghitungan hafalan dan penilaian bagi mereka yang sudah menghafalkan Al-Qur'an. Untuk kelas 1 ULA, maka target hafalan selama 1 tahun adalah minimal hafal Juz 30. Dalam Yaumul Hisab tersebut, kriteria penilaian terdiri dari meneruskan ayat sebanyak 10 soal, dan menyebutkan surat sebanyak 5 soal., yang mana setiap soal mempunyai maksimal 10 poin, dan jika benar semua maka total perolehan adalah 150 poin. Bagi santri yang bisa mencapai target dengan perolehan nilai minimal 85 poin maka dinyatakan lulus.

Yaumul Hisab yang diselenggarakan pada 1 November 2021 di Musholla pondok terdiri dari 4 halaqah, yang mana setiap halaqah terdapat 4-5 santri. Total santri yang mengikuti Yaumul Hisab periode 1 November 2021 sebanyak 19 santri. Agenda ini diselenggarakan mulai pukul 20.00 WIB sampai 22.00 WIB. Adapun musyrif dalam halaqah tersebut adalah Abi M. Fakri Islami Arif, M.Pd., Ust. Ahmad Nur Fauzi, S.H., Ust. Edi Salam Purnama Putra, S.H., dan Kak Bilal At-Thalah. ^AF



Tuliskan Komentar